PENDEKATAN, MODEL, METODE, dan TEKNIK PEMBELAJARAN

 



Terdapat beberapa pengertian yang berkaitan satu sama lain, dan terkadang memilki maksud yang sama dalam pembelajaran. Istilah tersebut yaitu pendekatan, model, metode, dan teknik dalam proses pembelajaran.

1.   Pendekatan pembelajaran

Kata pendekatan berasal dari bahasa Inggris yaitu “approach” yang berarti sebagai cara untuk memulai sesuatu. Menurut Majid (2014:19) mengemukakan bahwa pendekatan sebagai cara untuk memulai suatu proses pembelajaran. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia berarti “proses, perbuatan, cara mendekatinya” dala konteks pembelajaran. Sedangkan menurut pandangan Joni dan Abimanyu (2008: 24) pendekatan merupakan cara umum dalam memandang permasalahn atau objek kajian, sehingga berdampak yang diibaratkan seperti seseorang yang menggunakan kacamata dengan warna tertentu saat memandang alam. Jadi pendekatan digunakan apabila bersangkutan dengan cara-cara umum atau asumsi dalam menyikapi suatu masalah ke arah penyelesaiannya. Killen dama Anitah (2009: 1.23) mengemukakan terdpat dua pendekatan dalam pembelajaran, yaitu pendekatan yang berpusat pada aktivitas guru dan pendekatan yang berpusat pada aktivitas siswa.

Baca juga: Pendekatan dan Strategi Pembelajaran

 

2.   Model Pembelajaran

Joyce dan Well dalam abimanyu (2008: 24) mengemukakan bahwa model pembelajaran merupakan kerangkat konseptual yang menggambarkan langkah-langkah atau prosedur yang tersusun sistematis dalam mengorganisasikan pengalaman belajar sehingga tujuan pembelajaran tercapai. Menurut Arends dalam Ngalimun (2013 : 28) memngemukakan bahwa, “the term teaching model refers to a particular aproach to instruction that includes its goals, sintax, environment, and management system” (model pembelajaran mengacu pada pendekatan yang aan digunakan termasuk didalamnya terdapat tujuan pembelajaran, tahap kegiatan pembelajaran, lingkungan pembelajaran, dan lingkungan kelas). Dewey dalam Majid (2014 :13) mendefinisikan bahwa model pembelajaran merupakan suatu rencana yang akan digunakan untuk merancang pembelajaran tatap muka di kelas, atau pembelajaran tambahan di luar kelas dan untuk menajamkan materi pembelajarn.

 

3.      Metode Pembelajaran

Metode pembelajaran menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia diartikan sebagai cara yang teratur dan terpikir secara matang untuk mencapai suatu maksud dan tujuan (dalam ilmu pengetahuan), juga dapat diartikan sebagai cara kerja yang bersifat relatif umum yang sesuai untuk mencapai tujuan tertentu. Abimanyu (2008 : 2-5) berpendapat bahwa metode pembelajaran sebagai cara atau jalan dalam menyajikan dan melaksanakan kegiatan untuk mencapai suatu tujuan. Metode pembelaaran digunakan oleh guru untuk menciptakan variasi lingkungan belajar dan memfokuskan pada aktivitas guru-siswa telibat dalam proses pembelajaran, sehingga dapat dikatakan bahwa metode merupakan cara yang digunakan guru dalam menciptakan situasi pelajaran yang menyenangkan yang mendukung tercapainya prestasi belajar yang memuaskan.

 

4.   Teknik Pembelajaran

Teknik pembelajaran menurut Joni dalam Abimanyu (2008: 24) merujuk pada ragam khas penerapan sesuatu metode dengan latar penerapan tertentu, seperti kemampuan dan kebiasaan guru, ketersediaan peralatan, kesiapan siswa, dsb. Menurut Majid (2014: 24) teknik pembelajaran merupakan gaya seseorang dalam melaksanakan meode atau teknik pembelajaran tertentu yang bersifat individual, misalnya meskipun dua orang guru yang bersamaan menggunakan metode ceramah, namun berbeda dalam penggunaan teknik pembelajaran. Dengan demikian reknik pembelajaran merupakan cara yang dilakukan seorang guru dalam mengimplementasikan suatu metode secara spesifik.

Baca Juga: Ketrampilan Dasar dimiliki oleh Guru


Komentar