Terdapat beberapa pengertian yang
berkaitan satu sama lain, dan terkadang memilki maksud yang sama dalam
pembelajaran. Istilah tersebut yaitu pendekatan, model, metode, dan teknik
dalam proses pembelajaran.
1. Pendekatan
pembelajaran
Kata
pendekatan berasal dari bahasa Inggris yaitu “approach” yang berarti sebagai cara untuk memulai sesuatu. Menurut
Majid (2014:19) mengemukakan bahwa pendekatan sebagai cara untuk memulai suatu
proses pembelajaran. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia berarti “proses,
perbuatan, cara mendekatinya” dala konteks pembelajaran. Sedangkan menurut
pandangan Joni dan Abimanyu (2008: 24) pendekatan merupakan cara umum dalam
memandang permasalahn atau objek kajian, sehingga berdampak yang diibaratkan
seperti seseorang yang menggunakan kacamata dengan warna tertentu saat
memandang alam. Jadi pendekatan digunakan apabila bersangkutan dengan cara-cara
umum atau asumsi dalam menyikapi suatu masalah ke arah penyelesaiannya. Killen dama
Anitah (2009: 1.23) mengemukakan terdpat dua pendekatan dalam pembelajaran,
yaitu pendekatan yang berpusat pada aktivitas guru dan pendekatan yang berpusat
pada aktivitas siswa.
Baca juga: Pendekatan dan Strategi Pembelajaran
2. Model Pembelajaran
Joyce dan
Well dalam abimanyu (2008: 24) mengemukakan bahwa model pembelajaran merupakan
kerangkat konseptual yang menggambarkan langkah-langkah atau prosedur yang
tersusun sistematis dalam mengorganisasikan pengalaman belajar sehingga tujuan
pembelajaran tercapai. Menurut Arends dalam Ngalimun (2013 : 28) memngemukakan
bahwa, “the term teaching model refers to
a particular aproach to instruction that includes its goals, sintax,
environment, and management system” (model pembelajaran mengacu pada
pendekatan yang aan digunakan termasuk didalamnya terdapat tujuan pembelajaran,
tahap kegiatan pembelajaran, lingkungan pembelajaran, dan lingkungan kelas).
Dewey dalam Majid (2014 :13) mendefinisikan bahwa model pembelajaran merupakan
suatu rencana yang akan digunakan untuk merancang pembelajaran tatap muka di
kelas, atau pembelajaran tambahan di luar kelas dan untuk menajamkan materi
pembelajarn.
3. Metode Pembelajaran
Metode
pembelajaran menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia diartikan sebagai cara yang
teratur dan terpikir secara matang untuk mencapai suatu maksud dan tujuan (dalam ilmu
pengetahuan), juga dapat diartikan sebagai cara kerja yang bersifat relatif
umum yang sesuai untuk mencapai tujuan tertentu. Abimanyu (2008 : 2-5)
berpendapat bahwa metode pembelajaran sebagai cara atau jalan dalam menyajikan
dan melaksanakan kegiatan untuk mencapai suatu tujuan. Metode pembelaaran
digunakan oleh guru untuk menciptakan variasi lingkungan belajar dan
memfokuskan pada aktivitas guru-siswa telibat dalam proses pembelajaran,
sehingga dapat dikatakan bahwa metode merupakan cara yang digunakan guru dalam
menciptakan situasi pelajaran yang menyenangkan yang mendukung tercapainya
prestasi belajar yang memuaskan.
4. Teknik Pembelajaran
Teknik
pembelajaran menurut Joni dalam Abimanyu (2008: 24) merujuk pada ragam khas
penerapan sesuatu metode dengan latar penerapan tertentu, seperti kemampuan dan
kebiasaan guru, ketersediaan peralatan, kesiapan siswa, dsb. Menurut Majid
(2014: 24) teknik pembelajaran merupakan gaya seseorang dalam melaksanakan
meode atau teknik pembelajaran tertentu yang bersifat individual, misalnya
meskipun dua orang guru yang bersamaan menggunakan metode ceramah, namun
berbeda dalam penggunaan teknik pembelajaran. Dengan demikian reknik pembelajaran
merupakan cara yang dilakukan seorang guru dalam mengimplementasikan suatu metode
secara spesifik.
Baca Juga: Ketrampilan Dasar dimiliki oleh Guru
Komentar
Posting Komentar